Presentasi datapath

yak akhirnya aku bisa istirahat dengan tenang di hari sabtu,gara2 tugas presentasi datapath yang di buat dengan software yang bernama xilinx ini membuatku tak nyaman tidur selama beberapa hari.alasannya jelas karena aku belum ngebikin rangkaiannya di xilinx.

sehari sebelum presentasi aku minta bantuan temanku ardialim untuk ngebikin datapath dengan xilinx,ya mau gak mau aku harus ke rumahnya yang ada di selatan yaa sekitar jalan wates.jauh sih butuh waktu 30 menit untuk nyampai ke sana.tapi demi tugas gak apa2 lah haha

sesampai di sana aku langsung membuat datapath itu,yak ternyata memakan waktu 7 jam untuk menyelesaikannya.waktu yang banyak buat ngerjain rangkaian yang rumit ini.rasanya puas banget udah ngerjain rangkaian ini dengan kemampuan sendiri,eh dibantu ardialim ding haha.

awalnya rencananya malam hari setelah pengerjaan rangkaian itu aku sudah bisa bikin control wordnya,namun aku melihat ada kesalahan dalam rangakaian yang aku buat tadi.astaga! padahal sudah aku perbaiki namun masih ada error! kalau ada error otomatis gak bisa bikin simulation nya,buyar sudah kerjaanku dan teman kelompokku malam itu.mau gak mau aku harus tidur dengan beban pikiran itu.sebenarnya gak beban2 juga sih soalnya aku udah minta file kelompok syauqy,namun karena syauqy juga copasan dari chris pasti ada error nya juga,mux4bitnya gak ada,yaa curang sih tapi gimana lagi udah gak ada waktu lagi buat ngerjain dari awal.

paginya syauqy sudah dapat kiriman data mux4bit yang hilang dari chris,saat itu chris sedang di jakarta mengikuti presentasi imagine cup.aku pun kena dampaknya,copas an dari syauqy itu menjadi sempurna.namun aku tetap berharap kerjaanku sebelumnya bisa di perbaiki.jam 8 pagi aku dan syauqy pergi ke rumah ardialim lagi.di sana aku mencoba memperbaiki kerjaanku dengan bantuan ardialim,namun ternyata nasib ku sedang tak baik,kerjaanku tak bisa di perbaiki.mau gak mau aku harus mempelajari rangkaian syauqy agar presentasi ku nanti bisa berjalan lancar dan mau gak mau lagi aku harus nunggu tabel control word buatan syauqy.terima kasih banyak deh buat syauqy hehehe

seharusnya hari itu (jumat,15 april 2011) sudah bisa presentasi,namun apa boleh buat,ppt dan laporan kelompokku belum siap yaaah mesti besok deh.

siang setelah solat jumat aku dan naufal (salah satu anggota kelompokku) menyelesaikan laporan yang nantinya akan di print out dan di kumpulkan esok hari.alhamdulillah sih lancar.setelah selesai aku belajar alur datapath dari syauqy.

malamnya aku memperdalam tentang bench dan simulasi datapath.sembari di temani bagas (teman sekelas) aku mempelajarinya,singkat sih karena sebelum UTS aku udah pelajari ini.cuma mengulang dan memperdalam aja.alhamdulillah aku cukup siap buat hari esok

pagi hari (sabtu,16 april 2011) aku,naufal dan ajay sudah berkumpul.pemanasan sebelum presentasi,deg2an juga aku gagap kalau di suruh ngejelasin.setelah kelompok taufik dan luvi selesai presentasi tibalah giliranku untuk presentasi,dan alhamdulillah lancar,setelah itu kami di beri tugas dan alhamdulillah lancar seperti presentasi tadi.

aku harus banyak bersyukur kepada allah karena berkat rahmatnya aku dan teman2 bisa presentasi dengan maksimal🙂

b erikut ini schematic,test bench wave form,dan simulation rangkain datapath kelompokku

bench wave form buat memberi input