Pandangan atas Keputusan LPPM UGM tentang KKN 2013

lppm

Menanggapi banyak spekulasi tentang KKN UGM 2013 yang diploting acak oleh UGM,ada beberapa fakta yang menurut saya bisa menjadi pertimbangan teman-teman (ini juga hasil dari kabar sana-sini):

  • KKN UGM 2012 Banyak yang gagal?
    Kenapa gagal? Banyak kurang koordinasi antara warga dengan tim KKN dan kurangnya koordinasi juga dengan pemerintah daerah sekitar.Rupanya survey yang mereka laksanakan jauh sebelum kkn masih belum menyentuh hati warga sekitar.Saya juga ingin melanjutkan KKN tahun lalu,saya mendapat cerita dari warga sekitar bahwa tim KKN tahun lalu pada awalnya hanya mengetahui ada 2 dusun saja padahal ada 3 dusun,sehingga dusun yang ketiga baru tersentuh pada saat awal KKN,tentu saja perlu adanya pendekatan awal dengan warga baru program baru dilaksanakan,hasilnya? program banyak yang belum selesai.Banyak juga tim KKN yang hanya bermitra dengan perusahaan tertentu dan tidak dengan Pemda sekitar.Bukankah KKN bertujuan membangun daerah? kenapa bisa tidak terjadi hubungan dengan Pemda? bisa saja pemda sudah mempunyai program-program dan dana yang lebih jelas dan bisa kita laksanakan saat KKN
  • Terlalu cepat membuat tim?
    saya melihat banyak teman-teman yang sudah membentuk tim KKN dari semester 5 dan bahkan sudah survey segala.Mungkin masih teringat jelas slogan Pak Jusuf Kalla “Lebih Cepat Lebih Baik”😀 tapi kalau teman-teman banyak tanya ke senior,tahun lalu mereka kebanyakan baru bikin tim KKN awal semester 6 dan bahkan setelah keputusan LPPM keluar.Sangat dimaklumi untuk teman-teman yang mau KKN di luar jawa karena memang jauh lebih rumit dibandingkan yang KKN di jawa,tetapi saya meyakini bahwa kita seharusnya jangan terlalu menetapkan sesuai yang kita inginkan terlebih dahulu,karena kalau tidak sesuai yang kita inginkan bisa sakit hati😀
  • Tujuan diploting?
    saya termasuk orang yang setuju dengan ploting tetapi saya juga sebagai tim pengusul KKN😀. Kalau teman-teman bikin tim sendiri tentu dengan mudah teman-teman menentukan teman yang menurut teman-teman asik,ada yang cari teman yang sudah lama kenal/dekat atau yang cantik/cakep (gak munafik kan kalau yang ini😛 ) dan ada juga yang mencari tempat yang sesuai keinginan.Tentu saja kalau dengan sistem ploting hal-hal semacam itu mungkin tidak terjadi,tetapi mungkin saja terjadi,ya kan? lalu ada yang bilang nanti kalau dapat teman yang tidak cocok bisa cekcok,menurut saya kalau teman-teman berpikiran seperti itu ya bisa cekcok beneran nanti,bukannya kita nanti kerja juga akan mendapat teman yang baru? bisa saja teman itu tidak cocok dengan kita? apa terus mau resign saja karena hal itu? masalah pasti ada tergantung kita menyelesaikannya bagaimana😀. Saya sebagai tim pengusul bukan mau KKN di sana dan bukan juga mau cari teman yang mau saya inginkan,saya juga KKN jauh dari jogja (4 jam dari jogja) dan berkelompok dengan teman-teman dari fakultas lain yang belum saya kenal sebelumnya.Saya tergerak mengusulkan daerah itu karena daerah itu punya potensi besar sebagai desa wisata namun kurang diberdayakan,Apa bila tak disetujui ya tidak apa-apa,ikhtiar dan doa selalu bro
  • Lebaran di tempat KKN
    Kalau yang ini sepertinya banyak yang tidak setuju.Idealnya Lebaran sebagai ajang bermaaf-maafan dengan keluarga dan kerabat,Banyak yang berpikir bagaimana bisa maaf-maafan dengan orang tua hanya lewat sms dan telpon,pasti tidak ada Feelnya,tapi bagaiaman dengan teman-teman yang kuliah exchange? serupa dengan kita nantinya kan?
  • Mitra Kerja
    Menurut saya ini yang paling ribet dari keputusan LPPM tersebut,mereka baru mengeluarkan SK yang menurut saya terlambat.Bagiamana mau membentuk tim KKN kalau kita harus mencari mitra di waktu super singkat? mencari mitra kan butuh proposal,jadi sebelumnya bukan hanya ada resmue namun perlu juga proposal untuk diajukan ke Mitra.Tentu teman-teman yang diploting akan lebih mudah karena rasanya tidak perlu memikirkannya.

Sebagai Mahasiswa UGM yang akan KKN,saya sebenarnya sangat setuju dengan kebijakan LPPM namun waktu yang dibutuhkan sepertinya terlalu mepet.Mensinergikan teman-teman yang diploting dengan program kerja apakah bisa dalam waktu singkat? menurut saya bisa tetapi tidak mudah.Oke mungkin hanya pikiran negatif saya saja🙂