Perhitungan manual pemakaian daya listrik pada perkiraan waktu beban puncak

Perhitungan pemakaian daya listrik dapat dilakukan dengan wattmeter,namun tidak semua orang atau instansi mempunyai alat tersebut.Dalam tulisan ini,dijelaskan bagaimana mengamati dan menghitung daya listrik yang digunakan dengan mengamati Kwhmeter yang ada di rumah-rumah.

Berikut rumus perhitungan pemakaian daya

Image

Pada Kwhmeter,terdapat piringan,dimana piringan tersebut akan selalu berputar bila ada alat listrik yang sedang dalam keadaan menyala.Semakin banyak alat listrik yang sedang digunakan, maka putaran kwh Meter tersebut akan semakin cepat. Artinya daya aktif (watt) yang dipakai juga semakin besar.

Mengamati jumlah putaran piringan pada Kwhmeter tidak begitu rumit.Pada piringan terdapat tanda hitam yang akan membantu dalam pengamatan jumlah putaran piringan.Dalam perhitungan manual biasanya jumlah putaran yang diamati minimal 3 kali putaran.

Konstanta Kwhmeter terdapat pada name plate Kwhmeter dengan satuan Putarah/Kwh atau Rev/Kwh.Nominal yang tertera pada umumunya 600,720,900,atau 1250.Misal 720 rev/kwh berarti untuk menghasilkan angka 1 kwh di stand meter piringan kwh, piringan berputar sebanyak 720 kali

Untuk menghitung waktu lama putar dapat menggunakan stopwatch
Image

Berikut hasil pengamatan dan perhitungan daya yang terpakai pada perkiraan beban puncak Kos Putra Pogung Baru F29 Sleman,Yogyakarta.Mayoritas penghuni kos adalah Mahasiswa S1 dan S2 UGM

Image

ImageImage

Image

Image

ImageTerlihat pada hasil pengamatan dan perhitungan diatas bahwa pada hari libur (Minggu) daya listrik yang terpakai pada perkiraan waktu beban puncak lebih kecil dibandingkan dengan hari kerja (Senin dan Selasa) . Pada hari Minggu tidak banyak peralatan listrik yang digunakan karena kebanyakan penghuni sedang berada di luar kos dan sebagian tidur dikarenakan esok pagi (Senin) kembali lagi beraktivitas (kuliah).Pada hari Senin dan Selasa pada perkiraan waktu beban puncak,sebagian besar penghuni kos melakukan aktivitas seperti belajar,bermain alat musik,nonton tv,dll sehingga daya yang terpakai cukup besar.

Untuk tugas Mata Kuliah Distribusi Tenaga Listrik,Jurusan Teknik Elektro dan Teknologi Informasi UGM

sumber : http://noretz-area.blogspot.com/2011/09/cara-menghitung-pemakaian-listrik.html