Terima kasih Ibu…..

Image

Ada yang bilang laporan praktikum yang diberi sampul dan dijilid tidak akan menambah nilai dari laporan tersebut.

Menanggapi hal ini,jujur saya saat awal masuk kuliah selalu menjilid laporan saya dengan harapan ada nilai tambahan yang diberikan oleh sang asprak,laboran,atau dosen.Lumayan bisa jadi pundi-pundi buat naikin IP.

Namun setelah sudah menjadi angkatan (cukup) tua seperti saat ini,tentu sudah tau bobot dari praktikum.Nilai praktikum tidak akan bertambah walaupun laporan kita jilid serapi mungkin.Semua tergnatung dari isi laporan dan responsi praktikum.Menyadari hal ini,saya tidak mengurungkan niat saya untuk menjilid laporan praktikum saya.Kenapa? oke jawabannya adalah nilai norma!

Tidak peduli ada tambahan nilai atau tidak dari menjilid laporan,yang tidak kalah penting adalah nilai kebersihan dan kerapihan.Siapapun akan senang bila melihat sesuatu yang rapi dan bersih.Jadi menurut saya dengan menjilid laporan itu kita sudah menjaga nilai kebersihan,bukankah kebersihan sebagian dari iman?šŸ˜€

Ada tambahan dari kisah di atas,sejak saat saya SD hingga SMP,semua hasil ulangan saya selalu disusun rapi oleh Ibu.Semua buku tulis saya disampuli kertas cokelat,diberi nama hingga alamat,sampai disampuli lagi oleh mika bening.Buku dan berkas-berkas ulangan saya jadi tersusun rapi.Bahkan Ibu sampai meminta berkas-berkas kakak kelas dari tetangga.Semua ini dilakukan agar saya bisa dengan mudah memahami pelajaran saat ujian.

Dari kebiasaan yang mendarah daging itu lah saya menyampul semua laporan praktikum saya.Dengan begitu bahkan saya menambah semangat untuk juga menjaga berkas-berkas kuliah saya,walaupun tak serapi dan selengkap apa yang dilakukan oleh Ibu dulu.Semua itu cukup membantu saya dalam memahami materi.Dengan scanner yang saya punya dari pemberian orang tua,saya bisa menscan pre test,laporan,tugas kuliah,dll.Semua bentuk handout saya sisihkan sesuai mata kuliah dan semester di map.Intinya dokumentasi itu perlu dan sangat baik.

Image

Bagaimana cara mendokumentasi yang baik itu tergantung anda.Selamat mendokumentasi semua pekerjaan anda!šŸ™‚

Setelah menulis catatan ini,saya jadi tambah kangen sama Ibu,walaupun mungkin Ibu tidak membaca tulisan ini tapi saya ingin bilang terima kasih,terima kasih atas didikanmu yang luar biasa Ibu!šŸ™‚