Resume dan penilaian Kerangka Acuan Kerja Proyek Pembuatan Master Plan Jaringan IT Kota Bontang

images

 

Kelebihan:

a)             Bab I

  • Latar belakang dari kegiatan di tuliskan dengan cukup baik dimana dalam latar belakang disebutkan mengapa kegiatan ini dilakukan dan diperkuat dengan alasan. Selain itu juga dijelaskan efisiensi dan efektifitas pembuatan master plan jaringan IT pemerintah Kota Bontang sehingga tujuan dari kegiatan ini semakin jelas.
  • Gambaran umum sudah sangat jelas. Dimana gambaran umum tersebut menjelaskan keadaan pemerintahan Kota Bontang dan juga pembagian lokasi dari pemerintahan Kota Bontang. Selain itu dibagian gambaran umum jiga dijelaskan keadaan geografis dari Kota Bontang dan juga dijelaskan keadaan social dari masyarakat Kota Bontang sehingga membuat para pengelolah dari pembuatan master plan jaringan IT di Kota Bontang semakin jelas dalam menentukan metode yang dipilih untuk pengembangan master plan ini.

b)           Bab II

  • Terdapat subbab maksud dan tujuan kegiatan dimana maksud dan tujuannya sudah sangat jelas dan detail.
  • Lingkup pekerjaan yang diberikan pada kerangka acuan kerja juga sudah sangat jelas. Pada bagian ini sudah diperjelas dengan cara membagi kegiatan tersebut sehingga dapat di bedakan antara lingkup kerja yang satu dengan yang lain. Bagian bagian dari lingkup kerja benar-benar jelas sehingga tidak tercampur aduk antara lingkup kerja yang satu dengan yang lain dan juga pada bagian lingkup kerja telah disebutkan kebutuhan dari masing masing bagian.

c)      Bab III

  •  Jadwal pelaksaan kegiatan sudah di jelaskan. Namun jadwal dan waktu pelaksanaan dari kegiatan tidak diberikan secara rinci setidaknya jadwal dan waktu pelaksanaan secara rinci dicantumkan pada kerangka acuan kerja sehingga kegiatan yang dilakukan dapat terstruktur dengan baik.K
  • Kebutuhan personil dari kegiatan sudah jelas, yaitu tenaga ahli yang dibutuhkan untuk membantu pengembangan master plan jaringan IT ini.Tenaga ahli yang dibutuhkan telah dijelaskan secara rinci dan detail dimulai dari ahli perancangan sampai tenaga pendukung.
  • Laporan yang akan diberikan selama pengembangan master plan jaringan IT sudah ditentukan laporan apa saja yang akan diberikan kepada client.
  • Rincian laporan dari awal pelaksaan kegiatan sampai akhir sudah direncanakan dengan baik dan detail.

Kekurangan:

  • Cara pelaksanaan kegiatan seperti metode pelaksanaan yaitu tidak dijelaskan bagaimana para pengelolah dapat mengembangkan master plan jaringan IT di pemerintahan Kota Bontang.
  • Tidak dijelaskan tahapan pelaksanaan kegiatan. Dimana tahapan pelaksaan kegiatan berisikan tahapan yang akan di laksanakan oleh pihak pengelolah dalam membuat master plan dimulai dari persiapan , perancangan , pelaksanaan dan evaluasi.
  • Tidak ditentukan pelaksana kegiatan,penanggung jawab kegiatan dan juga tidak disebutkan orang yang akan menerima manfaat dari pembuatan master plan jaringan  IT ini.
  • Rincian biaya yang tuliskan pada bab kedua tidak terlalu lengkap dan jelas.

 

Untuk tugas Mata Kuliah Perancangan Sistem Listrik Industri JTETi UGM

Disadur dari : http://blog.unsri.ac.id/destyrodiah/manajemen-proyek-perangkat-lunak-mppl/komentar-mengenai-kerangka-kerja-acuan/mrdetail/14763

Sumber KAK : http://www.scribd.com/doc/76706915/kak-mp-IT-2