Amorphous Metal core Distribution Transformers (AMDT),Trafo Distribusi Efisiensi Tinggi

Magatrika UGM

Trafo distribusi  merupakan suatu  peralatan  yang  sangat  vital  yang  berfungi menurunkan tegangan pada sistem distribusi ke tegangan yang digunakan oleh pelanggan.Seperti yang kita ketahui bahwa tidak ada trafo yang memiliki sifat ideal karena pada trafo terdapat rugi-rugi,salah satunya adalah rugi-rugi inti.

Studi tentang sistem distribusi di Amerika Serikat menunjukkan bahwa sekitar 60% dari rugi-rugi pada sistem distribusi diakibatkan oleh trafo distribusi, 80 % disebabkan oleh rugi-rugi inti pada trafo distribusi atau sekitar 45% dari total rugi-rugi pada sistem. Trafo berkapasitas 25 KVA satu fase yang dibuat dengan inti berbahan besi atau baja dengan silikon modern akan memiliki sekitar 60 watt rugi-rugi inti, sedangkan unit yang sama dengan inti berbahan logam amorf akan memiliki 20 Watt rugi-rugi inti.

Logam Amorf

Campuran logam biasanya memiliki struktur atom kristal di mana atom-atom individu tersusun dalam pola yang berurutan dan berulang-ulang. Tapi logam amorf adalah bahan logam dengan struktur atom yang berubah-ubah. Campuran logam…

View original post 353 more words