Cara kerja sederhana Pintu otomatis

ss

Wiring Diagram Pintu otomatis dengan sensor gerak
 Ketika seseorang melewati sensor,maka pintu akan membuka otomatis
 Pintu harus tetap terbuka sampai tidak ada orang yang melewati
 Ketika pintu tak ada yang melewati,pintu harus menutup otomatis dengan delay yang singkat

ss

1. Ketika seseorang melewati daerah B1, maka saklar B1 merah close,arus listrik mengalir ke rele k3 kotak (lalu pintu terbuka) sehingga rele K3 memberikan sinyal ke seluruh saklar K3.maka saklar k3 merah open lalu saklar k3 biru,K3 orange, dan k3 kuning close. Saklar K3 kuning close sehingga ada arus yang melewatinya dan menjaga pintu tetap terbuka ketika seseorang tersebut belum beranjak melewati daerah B1.
2. Karena saklar K3 biru close maka rele S2 bulat bekerja dan memberikan sinyal ke saklar S2 sehingga saklar S2 close dan arus melewati rele K4 dan rele K4 bekerja (terjadi waiting time sehingga pintu tidak langsung menutup). Dan karena saklar K3 biru close maka rele K1 kotak bekerja dan memberikan sinyal ke K1 merah sehingga rele K1 merah open (sehingga pintu tidak tertutup melainkan terdapat waiting time)
3. Dan karena rele K4 kotak terlewati arus maka rele K4 kotak memberikan sinyal ke saklar K4 merah sehingga saklar K4 merah open dan tak ada arus yang melewati K4 merah dan K3 kuning,sehingga saklar K3 biru dan K3 orange open dan saklar K3 merah close (semua kembali ke kondisi awal). Saklar K3 merah close sehingga ada arus yang melewati rele K2 kotak dan pintu akan tertutup.

4. Ketika seseorang masuk melewati daerah B2 terlebih dahulu (berkebalikan) maka sistem bekerja sama dengan ketika seseorang melewati daerah B1

Oleh: Veby Enandes Stalony dan Musofa Mulya (Magatrika 2010)