Is Limiter Pembatas Arus

Is-Limiter  adalah alat yang berfungsi sebagai pembatas arus short circuit Is-Limiter  terdiri  dari konduktor utama yang dapat dilewati arus secara kontinyu  (full load current  4000  A) dan fuse pembatas arus lebih.  Is-Limiter  bekerja pada ½  cycle pertama  saat  terjadi  short  circuit .  Ketika  terjadi  short  circuit,  sensor  arus  akan memberikan  sinyal  kepada  kontrol  elektronik  untuk  menginjeksikan  explosive chemical  charge  pada  konduktor utama  sehingga  arus  short  circuit  akan  melewati fuse  untuk  membatasi  arus  short  circuit  yang  melewati  Is-Limiter. Untuk  lebih jelasnya ditampilkan pada gambar

Capture

Untuk mengetahui waktu kerja dari Is-Limiter maka dapat dilakukan perbandingan dengan waktu kerja relay proteksi dan waktu kerja circuit breaker. Dengan begitu dapat diketahui tahap-tahap periode ketika gangguan short circuit terjadi. Pada gambar di bawah ini terlihat periode waktu kerja peralatan proteksi terhadap arus short circuit yang melewati peralatan tersebut. Tahapan tersebut terdiri dari:

  • To adalah periode waktu relay proteksi untuk merespon gangguan (10-20 ms).
  • T1 adalah waktu kerja dari relay proteksi (30-40 ms).
  • T2 adalah waktu kerja dari circuit breaker  (40-80 ms).
  • T3 adalah periode busur api  yang terjadi setelah  kontak  circuit breaker dalam kondisi open (80-90 ms).
  • T4 adalah waktu kerja dari Is-Limiter (5-10 ms).

Is-Limiter memiliki waktu kerja yang sangat singkat selama 5 sampai 10 ms . Dari  periode  waktu  tersebut  dapat  dijabarkan  beberapa  tahapan  operasi dari Is-Limiter seperti yang ditampilkan pada gambar  periode operasi Is-Limiter dengan perbandingan arus yang melewatinya adalah sebagai berikut:

Capture

  • Ia adalah arus yang terdeteksi oleh sensor sebagai arus  short circuit  dan To adalah awal operasi dari Is-Limiter  harus bekerja.
  • T1 adalah  respon  kerja  dari  kontrol  elektronik  selama  15  µs  dan  T2 adalah  waktu  dari  injeksi  explosive  chemical  charge  pada  konduktor utama selama 85 µs sehingga arus Ib berpindah melewati fuse.
  • Ib adalah arus awal yang melewati fuse. T3 adalah waktu lebur dari fuse selama 500 µs.
  • Ic adalah  arus  yang  melewati  Is-limiter. Sehingga  arus  Ic  yang  telah dibatasi  tidak  menimbulkan  busur  api  yang  terlampau  besar  pada  saat periode busur api T4.

Capture

Tambahan:

Beda manufacture maka beda pula sistem kerja, perhitungan rating, dan tentu biayanya. untuk Is Limiter buatan ABB aman untuk daerah dengan hazardous tinggi tapi lebih mahal sedangkan milik G&W Clip lebih murah namun sistem kerjanya menggunakan chemical charge, menjadi sebuah pertimbangan bila dipasang di daerah dengan hazardous tinggi semisal petrochemical industry.

Sumber:

  • Application Is-Limiter : Description and Calculation. ABB Calor Emag
  • Is-Limiter, The World Fastest Limiting and Switching Device,” ABB Calor Emag, 2013. www.ABB.com
  • Penentuan Rating Is Limiter Pembatas Arus pada Switchgear 11 kV Pabrik-2 PT Pupuk Kalimantan Timur, Laporan OJT Wimbo Haryo Anindito S.T.