Kronologi meledaknya Bus Bar Voltage Transformer MCC 63 P2B Project

KRONOLOGI:

Pada 12 Mei 2015, terjadi incident pada saat energize panel MCC 63 yaitu  BBVT (Bus Bar Voltage Transformer) pada Panel MCC-63 2,4 kV meledak sesaat setelah dienergize.

Pada saat kejadian, terdengar suara ledakan dan tercium bau terbakar di dalam Main Substation. Setelah dilakukan pengecekan, terdapat asap yang keluar di kompartemen panel BBVT. Ketika kompartemen dibuka terlihat BBVT yang meledak.

2

1

Kondisi BBVT yang hancur

Fuse di primer VT dalam kondisi baik/tidak putus. VT Phasa R dalam kondisi rusak/pecah karena meledak, VT Phasa S tidak ada perubahaan secara fisik dan VT Phasa T dalam kondisi meleleh/bocor.

PENYEBAB KEJADIAN:

Sekunder BBVT meledak diakibatkan adannya short circuit 3 fase . Setelah dilakukan investigasi oleh pihak kontraktor dan Vendor,  kejadian ini disebabkan karena dipasangnya jumper pada terminal X4.1, X4.2 dan X4.3 yang mengakibatkan secondary dari VT menjadi tersambung. Schematic terlampir menunjukkan posisi detail terpasangnya jumper pada terminal secondary VT.

3

Schematic Diagram Terminal BBVT

4

Connection yang terpasang jumper pada terminal BBVT

PASCA KEJADIAN :

Untuk sementara panel MCC 63 tidak dapat dienergize dan pihak kontraktor segera meminta klarifikasi vendor terkait kejadian ini mengingat jumper tersebut seharusnya sudah dilepas di pabrik vendor oleh tim Quality Control.

Dari kejadian ini didapatkan pembelajaran :

  1. Sebelum melakukan energize panel, sangat perlu dilakukan pengecekan ulang dan pelepasan jumper pada sisi primer maupun sekunder terminal BBVT
  2. Lakukan energize dengan mengikuti secara runtun prosedur yang telah dibuat
  3. Selalu siapkan permit yang dipantau oleh electrical engineer dan safety person sebelum melakukan energize panel