Tentara Garis Depan

10351382_10204685584242925_964030258035006948_n

Terkadang kita lupa, salah satu kesuksesan dalam suatu proyek adalah hubungan supervisor dan bawahan. Bagaimana mungkin seorang supervisor dapat menyelesaikan suatu pekerjaan tanpa adanya bantuan pekerja dalam hal ini adalah pekerja subcontractor. Maka dari itu pekerja subcontractor adalah salah satu komponen penting dalam berlangsungnya suatu proyek.

Sering sekali terlihat banyak supervisor di lapangan hanya memerintah tanpa memberi work instruction yang jelas. Padahal bisa jadi sang pekerja adalah orang yang sangat awam di dunia proyek. Bayangkan bila orang yang belum berkompeten mengerjakan hal yang rumit, bisa gawat hasilnya!

Proyek ibarat medan perang, subcontractor adalah para bala tentara garis depan sebagai tonggak penting, yang perlu diberi arahan dan komando dari supervisor agar mencapai keberhasilan proyek, bukan ditindas dan ditekan. Ingatlah di mata tuhan status kita adalah sama. Di dalam suatu proyek kita semua mempunyai tujuan yang sama, menyelesaikan proyek dengan kesempurnaan.

Sekedar ngopi bareng di waktu luang dapat menjalin hubungan yang baik antara supervisor dan pekerja. Bersenda gurau dan tertawa ria, atau curhat sekitar kehidupan, akan membawa keharmonisan di lingkungan kerja. Lebih dari itu pekerja subcontractor dapat menjadi teman atau keluarga setelah selesainya proyek. Pasti menyenangkan dapat menjalin silaturahmi dikemudian hari.

Sekedar sharing ilmu dalam proyek juga sangat berguna bagi masing-masing elemen. Dengan member ilmu baru, pekerja mendapatkan wawasan baru dan sebagai pemateri kita dapat terus mengasah ilmu kita.

Namun sebagai seorang supervisor kita jangan sampai bertindak tidak tegas. Menjaga hubungan baik dengan pekerja memang suatu yang penting namun ketegasan dalam memimpin sangat diperlukan. Jadilah sosok yang amanah bagi lingkungan sekitar.

Berhubung tulisan singkat ini berhubungan dengan dunia proyek, saya berinisiatif menyebarkan juga di intranet perusahaan ktepatnya di i-knows Rekayasa Industri, semoga bermanfaat!

Capture